Profil Program Studi

Nama Perguruan Tinggi Universitas Komputer Indonesia
Alamat Perguruan Tinggi Jl. Dipati Ukur No. 112-114-116 Bandung
40132.
Program Studi (PS) Teknik Informatika
Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK)
Alamat Program Studi (PS) Kampus V Lt 3
Jl. Dipatiukur 114 Bandung 40132
Telp. (022) 253 3825
Fax. (022) 253 3754
Website : http://if.unikom.ac.id
E-mail : if@unikom.ac.id
SK Pendirian Program Studi (PS) SK Mendiknas No. 126/D/O/2000,
Tanggal 8 Agustus 2000
Peringkat Akreditasi

B (Baik)
SK. Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi (BAN-PT)
No. 195/SK/BAN-PT/Ak-SURV/S/IX/2013
Berlaku mulai dari tanggal 31 Januari 2013 s/d 31 Januari 2018

[ Unduh Sertifikat dan SK Hasil Akreditasi ]

 

 

 Ketua Program Studi   Sekretaris Program Studi

 

Irawan Afrianto, S.T., M.T.     Riani Lubis, S.T., M.T.

Pada tahun 1994, Dr. Ir. Eddy Suryanto Soegoto mendirikan Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Jerman ( LPKIG) untuk program pendidikan 1 tahun, menempati kampus Jl. Dipati Ukur No. 102. Di tahun ketiga, nama Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Jerman (LPKIG) diubah menjadi Indonesian Germany Institute (IGI) .

Pada tanggal 24 Desember 1998 dibentuk Yayasan Science dan Teknologi yang dilanjutkan dengan Pengajuan ke Kopertis IV Jabar untuk pendirian STIE IGI dan STMIK IGI.

Pada bulan Agustus 1999 keluar SK Mendiknas No. 143/D/O/1999 atas STIMK IGI dengan 5 Program Studi yaitu Teknik Informatika S1, Manajemen Informatika D3 & D1, Teknik Komputer D3 & D1, Teknik Informatika D3 & D1, Komputerisasi Akuntansi D3 & D1.

Mengantisipasi pesatnya perkembangan Teknologi Informasi, IPTEK, Era Globaliasi dan Milenium ke-3 serta untuk memberikan yang terbaik bagi masa depan mahasiswa/i nya, Yayasan Science dan Teknologi kemudian mengajukan usulan ke DIKTI melalui Kopertis Wilayah IV Jabar untuk melakukan merger atas kedua Sekolah Tinggi diatas untuk menjadi Universitas Komputer Indonesia .

Pada hari selasa, tanggal 8 Agustus 2000 keluar SK Mendiknas No. 126/D/O/2000 atas nama Universitas Komputer Indonesia, disingkat UNIKOM. Akreditasi Mendiknas atas UNIKOM disertai menetapkan kembali status Terdaftar kepada Program Studi Teknik Informatika jenjang pendidikan program S1 (Sarjana).

Visi

Visi program studi adalah “menjadi Program Studi Teknik Informatika yang unggul dan terdepan yang dapat menjawab tantangan perkembangan Teknologi Informasi dan Komputer yang berkembang sangat pesat, mampu menyediakan tenaga ahli kompeten, memiliki integritas kepribadian tinggi, dan tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara global serta berwawasan enterpreneur”.

      
Misi

Misi program studi adalah :
Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi yang dapat menghasilkan lulusan berkualitas bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berwawasan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan enterpreunership, serta siap bersaing secara global.
Melakukan kegiatan Penelitian dan pengembangan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini berdasarkan suatu roadmap yang jelas dan berujung pada publikasi ilmiah dan/atau produk nyata. Melakukan berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat /industri sebagai upaya untuk berkontribusi menyelesaikan problem nyata di masyarakat/industri.

Tujuan program studi adalah menghasilkan Sarjana yang memiliki pengetahuan dan kompetensi dalam bidang Teknologi Informasi dan Komputer, menghasilkan karya yang sesuai dengan kebutuhan, serta beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

  1. Sasaran di bidang organisasi dan manajemen, yaitu terciptanya iklim yang kondusif untuk meningkatkan produktivitas kinerja program studi;
  2. Sasaran di bidang pengembangan sumber daya manusia, yaitu meningkatnya kualitas dosen dan staf administrasi;
  3. Sasaran di bidang pengembangan sarana dan prasarana, yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung untuk terciptanya kondisi proses belajar dengan baik.
  4. Sasaran di bidang pendidikan, yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki integritas, pengetahuan, keahlian dan kemampuan sehingga mampu bersaing dalam pasar global, serta memiliki normal dan etika yang baik.
  5. Sasaran di bidang penelitian, yaitu meningkatkan kualitas penelitian agar dapat dipublikasikan baik secara nasional, regional maupun internasional serta diaplikasikan secara riil untuk membatu memecahkan permasalahan industri dan masyarakat.

 

Polling

Kelompok Keilmuan Topik Skripsi Apakah yang Paling Anda Minati ?

KK-A
KK-B
KK-C
KK-D
KK-E


6498



Lihat Hasil

Facebook