Prodi Teknik Informatika Unikom Dukung Sistem Pembelajaran Berbasis IT di PGRI Cabang Cisarua

Admin   5-Oktober-2018
Seperti diutarakan oleh Hanhan Maulana, S.Kom.,M.Kom sebagai Ketua Pelaksana, kegiatan ini merupakan pelatihan lanjutan yang diberikan kepada PGRI Cabang Kec. Cisarua dimana sebelumnya kegiatan serupa telah dilaksanakan tahun 2017 di PGRI setempat. “Tahun lalu kami sudah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat bersama Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika ke PGRI Cabang Kec. Cisarua, kebetulan saya hadir sebagai pemateri bersama Pak Angga untuk menjelaskan tentang office dasar, setelahnya kami mencoba membangun kerjasama dalam bentuk MoU untuk memberikan pelatihan IT lanjutan kepada guru-guru yang ada di wilayah tersebut dan kegiatan hari inilah salah satu realisasinya,” ujarnya.
 
Peserta pelatihan merupakan guru PGRI yang tergabung dari 60 Sekolah Dasar (SD), 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 2 Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Mengenai materi yang disampaikan yaitu “Penerapan Fungsi dalam Microsoft Excel” oleh Gentisya Tri Mardiani, S.Kom.,M.Kom dilanjutkan materi “Microsoft Power Point” oleh Rangga Gelar Guntara, S.Kom.,M.Kom.
 
Hanhan menjelaskan, pentingnya para guru mengasai materi Microsoft Office dasar sesuai dengan penerapan Kurikurum 2013 (Kurtilas) dimana setiap sekolah dituntut untuk menyampaikan materi pembelajarannya melalui media. “…saat ini di setiap sekolah sudah disediakan komputer dan proyektor sebagai alat bantu pembelajaran, namun sayangnya dari sisi sumber daya manusia rata-rata para guru belum bisa dan terbiasa secara maksimal untuk menggunakan fasilitas tersebut,” jelasnya.
 
Melalui pelatihan ini para guru dengan antusias mengikuti setiap arahan yang disampaikan para pemateri, karena arahnya akan membuat aplikasi makro di Ms. Excel namun terlebih dahulu diperkuat dengan pengetahuan fungsi dasar yang ada pada software tersebut. Bagi Hanhan, sejauh ini progresnya sudah cukup terlihat karena awalnya para guru untuk menghidupkan komputer saja belum seluruhnya mampu, tetapi saat ini mereka sudah bisa membuka dan mengaplikasikan beberapa fungsi dasar walaupun sederhana.
 
Pelaksanaan pelatihan kali kedua ini, mendapatkan dukungan positif dari Ketua PGRI Kab. Bandung Barat, Bapak Juhro Hamdan serta Ketua PGRI Cabang Kecamatan Cisarua, Bapak Asep Rohmat, S.Pd.,M.Si, melalui partisipasinya yang turut hadir dalam kegiatan tersebut. Bahkan, keduanya pun sangat mendukung agar para guru bisa secara kontinu mengikuti setiap pelatihan yang diadakan Prodi IF Unikom karena rencananya kegiatan ini bersifat berkelanjutan.
 
Melalui kegiatan ini diharapkan keberadaan IT bisa diaplikasikan di dunia pendidikan khususnya di lingkungan PGRI, sehingga bukan hanya dampak negatifnya saja yang dikhawatirkan tetapi pengaruh positif bisa membantu dan mendukung sistem pembelajaran SD, SMP, SMA di lingkungan PGRI Kecamatan Cisarua Kab. Bandung Barat. 
 
Sumber :
http://unikom.ac.id/berita/prodi-teknik-informatika-unikom-dukung-sistem-pembelajaran-berbasis-it-di-lingkungan-pgri-cabang-cisarua
Kembali

Polling

Kelompok Keilmuan Topik Skripsi Apakah yang Paling Anda Minati ?

KK A (Sistem Informasi)
KK B (RPL)
KK C (Network dan Multimedia)
KK D (Teknologi Web dan Mobile)
KK E (Ilmu Komputer)


4876



Lihat Hasil

Facebook