Seminar dan Workshop Explore Chatbot

Admin   20-Februari-2018

Kemunculan aplikasi ‘chatbot’ atau sistem percakapan yang diprogram untuk dapat berinteraksi dengan pengguna, tengah menjadi trending topic di kalangan generasi masa kini. Chatbot yang mulai dikembangkan pada dekade 1960-an terus mengalami kemajuan untuk bisa mensimulasi percakapan manusia sesungguhnya. Melihat peluang tersebut, kehadiran chatbot pun semakin banyak diimplementasikan di berbagai bidang, untuk memenuhi kebutuhan informasi pengguna ataupun hanya sebagai teman interaksi saja.


Atas dasar itulah Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Unikom mengadakan “Seminar dan Workshop Explore Chatbot” yang diikuti ± 200 peserta dari Unikom dan kategori umum. Seminar yang digelar Auditorium Miracle Unikom, Sabtu (10/2), menghadirkan dua pemateri kompeten di bidang chatbot, yakni Sdr. Fata El Islami (Co-Founder ‘Islamify’ sekaligus mahasiswa Teknik Informatika Unikom) dan Sdr. Toni Haryanto (Co-Founder dan CIO Codepolitan).


Menurut Bagas selaku Ketua Pelaksana, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan chatbot di kalangan generasi muda khususnya mahasiswa serta memberikan pengetahuan tentang cara membuat chatbot itu sendiri. Sehingga, para peserta tidak hanya menerima wawasan baru tetapi dapat langsung mengimplementasikannya pada sesi workshop yang digelar di Laboratorium 7 Unikom. “…seminar ini telah menjadi bagian dari program kerja kami di himpunan, tetapi untuk tema chatbot baru diadakan pertama kali dan respon peserta pun positif karena antusiasme mereka untuk mengikuti seminar dan workshop cukup tinggi,” ujarnya.


Terlaksananya “Seminar dan Workshop Explore Chatbot” yang diinisiasi secara khusus oleh Divisi Pengembangan Teknologi dan Informasi HMIF diharapkan dapat menjadi wadah untuk menyalurkan kretivitas para peserta dalam membuat chatbot yang bisa bermanfaat bagi masyarakat. (Direktorat Hms & Pro)

 

 

Kembali

Polling

Kelompok Keilmuan Topik Skripsi Apakah yang Paling Anda Minati ?



2784



Lihat Hasil

Facebook