Kunjungan Mahasiswa Teknik Informatika ke Museum Sejarah Perjuangan Bangsa ANRI

Admin   4-Januari-2018

Tujuan mengunjungi Museum Sejarah Perjuangan Bangsa adalah untuk melihat perjalanan Sejarah Bangsa Indonesia melalui Diorama yang dikemas secara interaktif. Sehingga Mahasiswa akan lebih mudah pemahami materi yang disampaikan. Museum Sejarah Perjuangan Bangsa ANRI tersebut Berupa diorama beberapa peristiwa penting dalam Sejarah Indonesia.

 

Kegiatan Kunjungan Ke Museum Perjuangan Bangsa ANRI ini dilakukan pada tanggal 25 November 2017 ke Kantor ANRI yang terletak di Jalan Ampera Raya No.7 Jakarta Selatan 1256. Sasaran kegiatan ini adalah Mahasiswa yang mengambil mata kuliah Wawasan Kebangsaan dengan dosen Pembina Ibu Nia Karniawati, S.IP.,M.Si., yaitu kelas IF-1, IF-2 dan IF-6

 

Susunan pelaksana kegiatan ini adalah:
- Penanggung jawab : Kaprodi Tehnik Informatika
- Pelaksana Kegiatan : Dosen MK. Wawasan Kebangsaan Nia Karniawati, S.IP.,M.Si.
- Koordinator Kls IF1 : M. Rizky Al Kusaeri
- Koordinator Kls IF2 : Hamdallah Dwili Fedra
- Koordinator Kls IF6 : Helsan Firansyah
- Bendahara : M. Rizky Al Kusaeri
- Konsumsi : Helsan Firansyah
- Transportasi : Hamdallah Dwili Fedra

 

 

Rombongan diterima dengan baik oleh pihak ANRI meskipun kunjungan ini dilakukan pada hari Sabtu, yang merupakan hari libur bagi pegawai ANRI, namun untuk menerima kunjungan dari Unikom, pihak ANRI bersedia untuk buka pada hari tersebut. Kunjungan ke ANRI ini terbagi atas dua acara. Acara yang pertama yaitu Diskusi. Setelah rombongan diterima di Ruang Aula, kemudian dilakukan penyampaian Materi dari pihak Anri tentang peranan arsip dalam perjalanan Bangsa Indonesia, yang dilanjutkan dengan diskusi. Acara kemudian di tutup dengan penyerahan cindera mata dari pihak ANRI ke pihak Unikom. 

Acara kedua, masuk ke Museum Perjuangan Bangsa, dimana terdapat diorama tentang perjalanan perjuangan Bangsa Indonesia. Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa menceriterakan rangkaian peristiwa yang didasarkan kepada arsip, dimulai dari Masa Kejayaan Nusantara, Perjuangan Melawan Penjajahan, Kebangkitan Nasional, Proklamasi Kemerdekaan, Masa Mempertahankan dan Mengisi 8 Kemerdekaan, Masa Reformasi, yang diakhiri dengan perenungan di dalam ruang teater. Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa menggunakan ruanganseluas 750 m2 terdiri atas 8 hall, masing-masing memuat petikan peristiwa pada episode tertentu. Sajian peristiwa ditampilkan dengan berbagai teknik, perpaduan antara seni dan teknologi.

 

    

 

 

Kembali

Polling

Kelompok Keilmuan Topik Skripsi Apakah yang Paling Anda Minati ?



6220



Lihat Hasil

Facebook